CD rusak tergores? Selamatkan dengan 5 cara ini!

Memiliki CD atau DVD kesayangan yang rusak tergores tentu membuat jengkel siapa saja. Apalagi, kalau ternyata CD dan DVD tersebut satu-satunya dan dibeli dengan harga mahal.

Namun, jangan khawatir jika CD dan DVD Anda rusak karena tergores. Tak perlu membuangnya atau beli lagi yang baru, masih ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk menyelamatkan CD dan DVD Anda ini.

Dengan mengoleskan beberapa benda di permukaan keping cakram yang tergores ini, Anda bisa menyelamatkan CD dan DVD kesayangan. Berikut adalah beberapa benda yang biasanya terbukti ampuh untuk menghilangkan goresan dalam keping cakram.

Apa saja? Simak di sini:

CATATAN: METODE PENGOLESAN HARUS MELINGKAR SATU ARAH. JANGAN PERNAH MEMBERSIHKAN CD DAN DVD DENGAN MENGGOSOKNYA SECARA SEMBARANGAN!

 

1. Pasta gigi

Untuk kasus goresan yang tidak terlalu parah, pasta gigi bisa digunakan untuk menghilangkan goresan kecil di CD atau DVD. Namun, untuk goresan yang sudah cukup dalam, diketahui cara ini tak akan berhasil.

Cara penggunaan: Oleskan pasta gigi secukupnya di atas kapas dan mulai gosokkan melingkar satu arah hingga goresan benar-benar tak terlihat. Setelah selesai, cuci saja dengan air mengalir dan biarkan kering.

 

 

2. Pisang

Ya, pisang juga bisa digunakan untuk mengobati CD yang tergores. Sayangnya, hasil yang diciptakan tak sebagus jika kita menggunakan pasta gigi.

Cara penggunaan: Oleskan pisang secara melingkar satu arah di permukaan CD. Kemudian, bersihkan kotoran yang dihasilkan oleh pisang ini dengan bagian dalam kulit pisang. Setelah itu, bersihkan sekali lagi dengan cairan pembersih kaca. Catatan: selalu bersihkan dengan cara melingkar satu arah.

 

3. Minyak kayu putih

Cara ini memang terbukti mampu menghilangkan goresan kecil di atas CD. Jika tak ada minyak kayu putih, Anda bisa menggunakan minyak gosok lainnya.

Cara penggunaan: Oleskan minyak secukupnya di atas kapas dan mulai gosokkan melingkar satu arah hingga goresan benar-benar tak terlihat.

Setelah selesai, cuci saja dengan air mengalir dan biarkan kering.

 

4. Permen karet

Tak harus menggunakan permen karet baru untuk metode ini. Cukup pakai saja permen karet yang baru Anda kunyah.

Cara penggunaan: Oleskan permen karet tersebut secara melingkar satu arah di atas permukaan CD. Kemudian bersihkan di air mengalir dan tunggu hingga kering.

 

5. Pemoles besi

Ini mungkin salah satu cara terbaik untuk menghilangkan goresan dari CD dan DVD Anda. Namun, jangan gunakan metode ini untuk CD yang kualitasnya masih 95 persen ke atas karena malah bisa merusak CD tersebut.

Cara penggunaan: Kocok dulu pemoles besi sebelum digunakan. Kemudian, teteskan di beberapa permukaan CD dan mulai gosok satu arah. Setelah digosok, bersihkan di air mengalir dengan sabun.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar